Linna_Fun_bLoG











Ekspor Viet Nam ke ASEAN Meningkat Pesat

Kapanlagi.com – Nilai ekspor Viet Nam ke negara-negara anggota ASEAN tahun ini mencapai US$7,8 miliar, meningkat 21,7% dibanding tahun lalu, demikian menurut Kementerian Industri dan Perdagangan.Kementerian itu menyebutkan bahwa nilai ekspor pada 2008 diperkirakan mencapai US$9,0 miliar atau naik 15,4% dibanding tahun ini. Jenis-jenis ekspor utama ke Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) meliputi beras, sayur mayur, buah-buahan, kopi dan makanan laut.

Indonesia, Filipina dan Malaysia merupakan importir beras utara Viet Nam. Ekspor beras negara itu pada 2007 ke negara-negara anggota ASEAN melampaui US$1 miliar.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa ASEAN masih tetap sebagai pasar ekspor utama beras bagi Viet Nam, tetapi industri makanan menginginkan peningkatan kualitas beras untuk besaran nilai, pesanan ekspor jangka panjang.

Meskipun Singapura dan Malaysia meminta jumlah yang lebih besar dari buah-buahan dan sayur-mayur, ekspor ke pasar ASEAN tersebut tetap kecil dengan nilai US$25 juta pada 2007.

Kementerian itu menyerukan industri sayur-mayur meningkatkan kualitas produksi, terutama dalam pemeliharaan dan transportasi serta pemasaran dan promosi perdagangan.

Kementerian itu memprediksikan ekspor produk-produk tersebut ke ASEAN pada 2008 akan naik menjadi US$32 juta atau meningkat sekitar 30% di banding 2007.

Ekspor kopi ke ASEAN mencapai US$145 juta pada 2007, sedangkan nilai ekspornya diperkirakan mencapai US$155 juta pada 2008, atau naik sekitar 7,0% di banding 2007.

Makanan laut Viet Nam juga merupakan ekspor utama, dengan nilai ekspor mencapai US$168 juta ke pasar ASEAN tahun ini. Angka itu diperkirakan naik dengan 20% menjadi US$200 juta pada 2008.

Industri garmen dan alas kaki, menemui kesulitan untuk penetrasi pasar di ASEAN di mana beberapa negara mempunyai industri serupa yang kuat.

Namun, industri sepatu telah menambah desain dan menawarkan dengan harga lebih bersaing tahun ini. Garmen dan alas kaki nilai ekspornya ke ASEAN mencapai US$175 juta tahun ini.

Total nilai ekspor diperkirakan mencapai US$202 juta pada 2008 atau naik 15% dibanding 2007. Elektronik dan komponen yang sebagian besar dibuat oleh perusahaan-perusahaan usaha patungan dengan asing di Viet Nam telah diekspor ke Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Ekspor tersebut pada 2008 kemungkinan mencapai 950 juta dolar, atau naik 40% di banding 2007.

Berdasarkan Perjanjian Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN atau Tarif Preferensi Efektif Bersama (CEFT/AFTA), sebagian besar barang-barang dan komoditi yang diimpor dari ASEAN saat ini dikenakan pajak 0 – 5%.

Hal ini akan membantu pertumbuhan ekspor, tetapi para ahli industri menyatakan bahwa ekspor ke ASEAN masih tetap kecil. (*/bun)

Iklan


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: