Linna_Fun_bLoG











Hamas Larang Pertemuan Oleh Pendukung Abbas di Gaza

Kapanlagi.com – Gerakan Islam Hamas yang menguasai Jalur Gaza telah melarang pendukung kelompok Fatah pimpinan presiden Mahmud Abbas untuk mengadakan pertemuan ulang tahun gerakan itu pekan depan, beberapa pejabat Fatah mengatakan Sabtu (29/12).Rapat umum besar-besaran oleh Fatah November, untuk menandai ulang tahun ketiga meninggalnya pemimpin Palestina Yasser Arafat, berakhir dengan tembak-menembak yang menewaskan tujuh orang.

Beberapa pejabat polisi mengatakan kelompok yang berkuasa itu, yang merebut Gaza Juni setelah mengalahkan pasukan Abbas, memutuskan untuk melarang pertemuan Selasa depan itu, acara tahunan untuk menandai didirikannya Fatah pada 1 Januari 1965.

Seorang pejabat polisi mengatakan keputusan itu “dimaksudkan untuk melindungi warga Palestina dari tindakan sabotase yang…mungkin direncanakan untuk mengeksploitasi ulang tahun tersebut”.

Seorang pejabat Fatah, yang berbicara tanpa menyebut nama, menuduh Hamas bertindak seperti “pasukan pendudukan”, istilah yang orang Palestina biasa gunakan untuk melukiskan Israel.

“Larangan itu tidak akan melemahkan Fatah. Sebaliknya, makin banyak langkah tekanan oleh Hamas, makin populer yang kami akan dapat,” kata pejabat Fatah tersebut.

Ketegangan antara Hamas dan Fatah meningkat menjelang unjuk rasa pekan depan itu.

Pada Jumat, dua gerilyawan Hamas tertembak dan terluka dalam serangan di satu posisi keamanan.

Pasukan keamanan Hamas juga menangkap lebih dari 40 anggota Fatah, beberapa dari mereka telah melukis lukisan dinding untuk merayakan dibentuknya Fatah, kata pejabat Fatah.

Para pejabat Hamas telah minta pemimpin mereka untuk melarang pertemuan Fatah sebagai balasan atas keputusan Abbas untuk merintangi pertemuan yang sama oleh pendukung Hamas di Tepi Barat yang diduduki-Israel, tempat Fatah masih memegang kekuasaan.

Hamas minta semua kelompok untuk minta izin sebelum mengadakan pertemuan di Jalur Gaza, kecuali pertemuan menentang Israel. (*/lpk)

Iklan


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: